Budi Purnama

Just another Blog dosen dan staff UNS, tempat berbagi tulisan weblog

Nyanyian pengantar tidur

Sekitar sebulan yang lalu, ada tayangan interaktive mengenai `balita` di TV yang mengulas tentang nyanyian sebelum tidur.  Tayangan tersebut di pandu oleh presenter laki-laki kekar namun tidak `kemayu` dan mendatangkan pakar di bidangnya yaitu guru pengasuh tempat penitipan anak (play group) serta mengundang pasangan muda yang memiliki anak balita.  Acara di mulai dengan pemaparan tentang tips-tips menyenandungkan lagu anak-anak untuk mengalihkan perhatian balita supaya tidak bermain dan kemudian di lanjutkan lagu-lagu yang membuat balita tertidur.  Tayangan juga menyajikan cuplikan video mengenai kebiasaan `menyenandungkan lagu menjelang tidur` di beberapa wilayah di Jepang.  Acara di akhiri dengan makan bersama dengan menu makanan balita.

Bagi saya yang menarik bukan terletak pada tampilan maupun penyajian acara.  Namun pada kejelian mengangkat tema mengenai `secuil perilaku` di masyarakat menjadi tayangan mendidik.  Kalau di tanya apakah perilaku menyenandungkan lagu sebelum tidur adalah lazim atau banyak di lakukan masyarakat Jepang ?  Jawabnya, tidak.  Bahkan bisa di katakan hampir-hampir di kota-kota besar di Jepang  masyarakatnya  tidak mengetahuinya.  Nampak sekali, penghargaan peserta kepada penyaji yang terlihat dari banyaknya tanya jawab interaktif selama tayangan.  Juga saat penyaji meminta perserta untuk mempraktek-kan teknik menyenandungkan lagu kepada putra-putrinya, bahkan ada balita menjadi tertidur saat praktek.

Kalau kita menyadari, perilaku menyenandungkan lagu kepada balita sewaktu akan tidur marak ditemui di masyarakat kita, dan bahkan mungkin sampai sekarang.  Semoga `gerusan` peradaban modern tidak menghilangkan `secuil perilaku humanis` yang sudah berlangsung turun-temurun di masyarakat. Terus terang saya jadi teringat waktu kecil, saat mau tidur sambil di gendong eyang sambil di `rengeng-rengeng` (di senandungkan) lagu-lagu `macapat`. Kalau sudah begitu saya putar  lelagon `Putro Nuswantoro`-nya mas Manthous.

bp

December 31st, 2008 Posted by at 07:43am | Umum | 3 comments

3 Comments »

  1. Pak Budi, tolong share dong! macapatnya Jepang itu kayak apa? saya ketemu dgn Nadasoso (termasuk macapat?), kayaknya enak juga buat pengantar tidur.

    Comment by Danarto | January 7, 2009

  2. Mengundang secara spesial Anda yang mempunyai Blog ini.

    Blog Anda termasuk 200 blog teraktif di staff.uns.ac.id. Karena partisipasi anda melalui aktifitas blogging, UNS mampu membuat peningkatan capaian peringkat webometrics secara fantastis dari 4.681 ke 2.159. Kami mewakili Tim Webometrics UNS mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi anda dengan memberikan special invitation untuk menghadiri Blog Conference & Tribute to UNS Blogger rangkaian penutup dari UNS BlogFest 0.9 di Auditorium UNS tanggal 22 April 2009 jam 08.00 WIB secara gratis.spesial untuk Anda. Acara ini akan menghadirkan :

    1. Raditya dika [radityadika.com]
    Seorang penulis, komedian, penulis skrip komik/film, dan seorang penggiat perbukuan. Raditya dikenali publik setelah buku pertamanya Kambingjantan terbit di pasaran. Buku tersebut adalah hasil adaptasi dari blognya yang dulu beralamat di kambingjantan.com Dengan gaya menulis komedi yang lepas pakem, dan apa adanya, Kambingjantan sukses menjadi bestseller dan akhirnya diangkat ke layar dengan judul yang sama.

    2. Iman Brotoseno [imanbrotoseno.com]
    Praktisi Blog, Chairman Pesta Blogger 2009, seorang pekerja seni, sutradara film iklan dan dokumenter.

    3.Kristupa W Saragih [kristupa.com]
    Praktisi Fotografer dan seorang foto blogger, Founder fotografer.net

    Setelah menerima Online Invitation ini, Anda di haruskan melakukan konfirmasi dengan mengisikan komentar di halaman: http://unsblogfest09.blog.uns.ac.id/konfirmasi-peserta-staffdosen/
    Setelah melakukan konfirmasi, undangan secara fisik dapat di ambil selasa, tgl 21 April 2009
    di Blog Center UPT PUSKOM Lt. 1 pada jam kerja.

    Comment by UNS Blog Fest 0.9 | April 16, 2009

  3. membaca seluruh blog, cukup bagus

    Comment by SafeSwofe | November 26, 2011

Leave a comment

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image