Manca Negara

Juan Bedjo Teunan akhirnya kesampaian sekolah manca negara. Di antar hingga bandar udara oleh sanak keluarga, dan disertai lengkingan tangisan putranya yang masih kecil melepas kepergian mas bedjo.

`mas bangun` suara perempuan asing  berparas elok & bertutur merdu membangunkan bedjo.  Sudah sampai tujuan mas, lanjut perempuan tadi yang ternyata seorang pramugari pesawat terbang yang mengantarkan mas Bedjo ke manca negara.  Sesudah urusan admisnistrasi ke-imigrasi-an selesai, mas bedjo keluar bandara. Di luar ternyata sudah ada seseorang yang menanti kedatangannya, dengan membawa poster berisi ucapan selamat datang kepada mas bedjo.  Perkenalkan nama saya Juan Bedjo Teunan, begitu mas bedjo berucap sambil berjabat tangan.  Setelah sejenak keduanya bercakap, bedjo kemudian di antar ke asrama mahasiswa asing.  Setelah urusan admistrasi selesai, mas bedjo di antar sampai kamar-nya.  Percakapan ringan dengan diiringi tertawa kecil menjadikan keduanya seperti sudah saling kenal lama sebelumnya.

`Mas bedjo, ada janji bertemu Profesor nggak hari ini, saya antar kalau ada? `begitu pertanyaan teman baru bedjo sejenak sebelum pergi. `Nggak ada mas, saya di suruh Prof. istirahat hari ini.  Baru besok mau bertemu Prof. begitu jawab bedjo`.  Ok, besok saya antar jawab teman baru bedjo sebelum meningalkan bedjo dalam kesendirian.  Selamat istirahat nggih..

Sejenak setelah pengantar pergi, Bedjo mulai membuka koper dan bawaan dari rumah.  Begitu koper dibuka, bau harum semerbak keluar dari koper.  `Ooo ….kembang melati` begitu gumam Bedjo sambil meletakkan di dalam lemari.  Satu persatu isi komper di keluarkan dan di rapikan..Termasuk foto mas bejo&kel di letakkan di meja yang mudah terlihat pas tiduran.

Begitu selessai merapikan koper, bedjo tertegun dengan secarik kertas yang ada di saku luar koper..`Ooo bapak memberi nasihat, kok nggak disampaikan kemarin yaaa..`sambil mulai membaca pesan Bapaknya sambil tiduran.  `Le, aku mung isoh nyangoni sejumput kembang melati karo piweling.  Sak-iso-e kudu mbok lakoni` ( Nak, bapak cuma membekali kamu seuntai bunga melati dan sedikit nasihat, sebisanya kamu lakukan)..`begitu kalimat pertama isi pesan.

`Sepisan, sak-isomu kembang melati di jaga wangine` (pertama, sebisanya wangi bunga melati dijaga)…lho, kembang melati sebentar saja kan sudah layu..waduh gimana yaaa…berarti harus beli kembang melati terus…dimana yaa disini yang jual kembang melati…begitu ujar Bedjo sendirian sedikit melenguh..

`Kapindo, kanthi pitung ambalan, ubengono papan panggonanmu kanthi ucul trompah, lukar busono lan tanpo makutho` ( kedua, berkeliling tempat tinggal 7 kali dengan tanpa sepatu, baju dan tutup kepala)…tambah terkejut mas Bedjo membaca pesan kedua bapaknya…

`katelu, iki sing keri dewe, srawungo koyo kirik…` (ketiga, terakhir bermasyarakat seperti anak anjing)…tambah bingung dan bimbang hati bedjo, namun itu semua nasihat bapaknya yang selayaknya dikerjakan.  `Bapak ini aneh-aneh saja..` begitu gumam bedjo…sambil beranjak dari tempat tidur…Kaos kaki yang semula di pakai di lepas…`Kalau cuma tanpa alas kaki yaa, akan saya jalani…tapi ini..`…kalimat bedjo menggantung…

Dengan sedikit memberanikan diri, bedjo keluar kamar tanpa alas kaki lalu mengelilingi asrama mahasiswa asing..  Begitu sampai di luar, ada staff kebersihan sedang bekerja.  Tanpa basa-basi keramahan orang Jawa keluar..`selamat siang bu..` disapanya dengan mantap…Tidak lama kemudian ketemu mahasiswa asing yang baru datang, juga disapa sapa..`Hello` dengan logat Jawa kental..Begitu sekali putar mas bedjo ketemu beberapa oarang dan disapanya penuh semangat…Putaran kedua tambah banyak lagi yang disapa, bahkan ketemu sesama orang Indonesia dan seterusnya sampai putaran ketuju di lakukannya..Sudah berapa banyak yang disapa bedjo sendiri sudah lupa..Yang ingat sudah 7 putaran berarti sudah selesai dan kemudian kembali ke kamarnya…Meski tidak keluar keringat, namun kerongkongan bedjo sudah minta di guyur air..Botol aqua yang tersisa seperempat di tuangkan habis di kerongkongan..`Uch, lumayan capek…, namun yang barusan dilakukan tidak seperti nasihat bapak..`..bedjo bergumam…bisa-bisa…ucapan bedjo terputus..Sambil termangu sambil memikirkan bagaimana melaksanakan nasihat bapaknya…

Dengan sedikit nekat, bedjo melepas baju..`Uch, dingin …`..Bedjo sejenak berhenti antara di lanjutakan atau tidak nasihat kedua bapaknya..Nasihat nomer 1, nanti bisa tanya di mana beli kembang melati…begitu pikirnya….namun karena bedjo anak yang patuh dengan Bapaknya, sejenak kemudian tangannya sudah mulai membuka celana…Begitu celana hampir lepas, terdengar ketukan pintu dari luar…Cepat-sepat, pakaiannya di rapikan lagi dan sambil melongok lewat lubang kecil di pintu di lihatnya orang di luar…Wajahnya langsung ceria karena di luar ada teman bermain waktu kecil yang sudah dulu tinggal di negeri orang..

Brak..pintu di buka…`Mas bedjo masih ingat saya..` begitu kata-kata pertama muncul dari tamu pertamanya di negri orang…

`Yaa jelas masih ingat dong..Ini kan mas Josnan….yang dulu senang cari jangkrik di sawah…Ayo mas masuk…`bedjo mempersilahkan masuk temannya..Kemudian keduanya terlibat dalam percakapan yang akrap..maklum sahabat karib waktu kecil..Setelah beberapa lama, Josnan pamit pergi sambil mengajak makan malam..

`Nanti jam 7 saya jemput yaa, kita makan malam bersama`…begitu Josnan pamit..

*****

Pas tepat jam 7 berdentang, terdengar suara pintu di ketuk…spontan saja bedjo menjawab `yooi`..pasti mas Josnan, gumamnya..

Brak, pintu dibuka…

`Sudah siap, kita berangkat sekarang yuk….`ajak Josnan…

Segera keduanya berjalan menuju parkir mobil..

`Kita nanti, makan malam udon..`…

`Apa itu mas..?` tanya bedjo,  `mie kuwah Jepang..`

`Ok..`..jawab bedjo singkat..

`Ini mas bedjo, kenalkan istri saya Yunan dan anak saya Gusnan`..Josnan memperkenalkan keluarganya….

`Saya bedjo teman mas Josnan waktu kecil. Maaf sudah bikin repot, `….ujar bedjo..

`Tidak kok, malah kita senang…`.jawab Yunan

Di perjalanan rombongan kecil itu sudah terlibat perbincangan hangat..Tiba-tiba Bedjo ingat pesan bapak tentang kembang melati..Sejenak kemudian bedjo bertanya..

`Bu, di sini ada yang jual kembang melati..`..tanya Bedjo…

`Waduh, mas Bedjo nih romantis yaa..baru nyampai saja sudah nyari kembang melati…Nggak ada mas disini, kalau kembang arum ndalu ada, itupun mahal.  Sayang mas uangnya…`…jawab Yunan panjang lebar

`Ooo begitu yaa, mahal yaa..`..jawab Bedjo menggantung..

Kemudian istri Josnan menjelaskan panjang lebar mengenai berbagai kembang di negeri orang..Tak terasa tempat yang di tuju sudah sampai…

`Ayo mas turun dulu, ini tempat makan malam kita` ajak Josnan…

Setelah mengambil tempat duduk..Josnan menyodorkan daftar menu…

`Ayo, pilih yang mas Bedjo senang..`..ujar  Josnan..

`Waduh, saya manut saja..lha saya nggak tahu mau milih apa..`..Jawab bedjo..

`Ok `..Josnan kemudian menjelaskan beberapa menu untuk dipilih bedjo..Sambil menunggu pesanan makan Josnan bertanya

`Mas Bedjo, tadi kok nanya ke istri kembang melati..Untuk apa..?`..

`Anu mas, pesannya bapak..` sambil malu-malu secarik kertas pesan bapaknya di buka di hadapan Josnan..Begitu selesai membaca, Josnan nggak bisa menahan tertawanya…..

`Lho mas, jangan tertawa, saya jadi malu….`…ujar bedjo..

`Bu, pantas tadi tanya orang jual beli kembang melati`…omong Josnan ke istrinya

`Mas Bedjo, nasihat kasepuhan Jawa begini jangan di artikan secara harfiah…Ini terkandung makna filosofi Jawa yang tinggi`…

`Terus, harus bagaimana memaknainya..Padahal harus dikerjakan je nasihatnya`…

`Nasihat pertama : Sepisan, sak-isomu kembang melati di jaga wangine` , mas bedjo tahu kembang melati`

`Yo jelas tahu tho mas, kembangnya putih kecil tapi baunya harum. Paling-paling seminggu sudah rontok dan kering`…

`Namun bau wanginya bagaimana`..potong Josnan

`Harum khasnya tetap ada mas`…

`Begitu nasihat bapak sampeyan, Mas Bedjo ada di negeri orang dan sebentar, tidak lebih sepanjang beasiswa tho mas`…

`Yo jelas tho mas, jual sawah saja nggak cukup untuk biaya sebulan disini`..potong Bedjo

`Selama disini harus bisa menjaga nama baik negara, sampai nanti mas bedjo pulang lagi ke tanah air`..

`Ooooo begitu….Terus yang nomer tiga itu apa mas..Masa saya dianggap anak anjing…`tanya bedjo

`(katelu, iki sing keri dewe, srawungo koyo kirik) ha..ha..ha..tawa Josnan dan istrinya meledak

`Tidak begitu..Anak anjing biasanya menyalak ke semua orang, iya kan?  baik yang sudah dikenal maupun belum dikenal.  Maksudnya Mas Bedjo supaya jangan sungkan-sungkan mendahului untuk bertegur sapa bila ketemu teman..Lho kok nomer dua nggak ditanyakan mas…?

`Tadi sudah saya lakukan kok..Waktu mas Josnan belum datang…Keliling asrama 7 kali nggak pakai sepatu, cuma belum telanjang seperti yang diminta bapak, sudah syah yaa mas ya..`..jawab Bedjo minta pengakuan

Sambil tersenyum Josnan bertanya,..

`Waktu keliling asrama, ketemu siapa saja? `….

`Banyak mas, saya sapa semuanya..Ternyata ada yang satu negri dengan kita yaa`..jawab bedjo ringan

`Yaa, berarti maksud nasihat bapakmu sudah kesampaian`…

`Maksudnya bagaimana mas ?`..potong Bedjo

`Mas Bedjo diminta mencari tahu siapa saja orang yang ada di sekitar kita disini tanpa memandang derajat, pangkat dan jabatan.  Mestinya nggak perlu keliling asrama, Mas Bedjo bisa tanya ke kantor asrama dan menanyakan teman2 dari negara kita yang tinggal disini.  Pantas tadi lama waktu bukakan pintu, baru ada ritual lainnya apa ?..`

`Lha, waktu itu kan pas lagi setengah telanjang.`..jawab Bedjo polos. Langsung saja di sambut gerrr tertawa lepas rombongan kecil tsb.

`Ayo ini segera di santap, pesanan sudah siap`… ajak Josnan kepada Bedjo

`Sampeyan memang Joss teunan mas Josnan`..begitu ujar bedjo sambil nyruput kuwah mie Jepang…

*************

bp

3 Responses to “Manca Negara

  • Danarto@mipa.uns
    11 years ago

    Senang bisa berkunjung di blog dosen MIPA, salam kenal pak Budi. Bapak di Jepang tepatnya di mana? Tulisan tsb mengingatkan saya saat ikut AFS ke Jepang 3 tahun yang lalu. Dapat kiriman lelucon tentang Jepang bernuansa suroboyonan dari kakak angkatan bertema “keluguan”. Saya copy-paste kan ini. Wassalam.

    ~ ~ ~ ~ ~

    Mat Pithi ndik Jepang
    ———————

    Dul Manan, konco rakete Mat Pithi, wis suwe ndik Jepang. Sekolah
    nyambi kerja ndik kana. Buru-buru iki kirim surat nang Mat Pithi,
    isine koyok ngene:

    “Mat, koen iku ojok cumak uplek ndik Jowo thok ngono.
    Wawasanmu kudu mbok jembarno, cek gak cumak isok-e adu doro thok
    ngono.

    Masiyo dadi arek Suroboyo, sing kendel utang mbarek gak wedi
    ngemplang, kelakuan koyokngono iku yo rodok kurangono, opo-o.

    Tiruen tah awak-awak iki, sing sak kantor mbarek Drajad, sing wis
    internasional ngene iki.

    Nek peno gak onok alangan, budalo nang Jepang, dolan-dolan. Perkoro
    duik
    sangu karo nginep, tak tanggung wis.

    Tak kenalno awakmu iku mbarek kehidupan internasional sing maju.

    Temen iki, cak.”

    Oleh surat koyok ngono mau, Mat Pithi mara terus budhal ae.

    Duik kirimane Dul Manan cukup gae ngurus surat-surat, karo tiket
    kapal
    mabur nang Jepang. Masiyo durung tau lungo-lungo adoh, opo maneh
    nang luar negeri, wong arek Suroboyo, jare …

    Kocapa, Mat Pithi wis tekan Jepang.
    Sak wijineing dina, Mat Pithi dijak Dul Manan dolan nang kantore.

    Lha Jepang iki lak opo-opo didadekno robot, tah. Onok robot iwak,
    sing isok nglangi ndik akuarium, sampek gak isok dibedakno mbarek
    asline.
    Onok kewan-kewan piaraan barang, kabeh yo robot. Wis talah, ndik
    Jepang iki kabeh yo robot.

    Mat Pithi dikenalno mbarek sekretarise Dul Manan.

    Wuik, arek iki cik ayune. Gak kalah mbarek gambar-gambar wedokan
    udo sing biasa didelok Mat Pithi ndik Internet karo VCD iku. Kathik
    kemayu maneh.
    Esem-e, alah..maak….. tulung, tulung….!

    (Dul Manan, karo ngenalno mau kathik nyekel susune sekretaris sing
    sebelah kiwa).

    Kimiko, jenenge sekretaris mau, terus moco surat-surat, dirungokno
    mbarek Dul Manan.

    Gak suwe, Dul Manan nyekel salah sijine surat mau, terus ngomong
    mbarek sekretarise, “Balesana”, terus susune sing tengen dicekel.
    Kimiko terus lungguh ngadep komputer, ngetik surat.

    Dul Manan iki cik kurang ajare, batine Mat Pithi. Gak sungkan blas,
    ndik ngarepe tamu koyok ngono iku kelakuane. Elek-elek awak-awak iki
    lak tamu, tah..

    Ndik kamar kerjane Dul Manan, dek-e eruh nek Mat Pithi bingung mbarek
    kelakuane sing mak-mek susune Kimiko mau.

    Dul Manan kondo. ‘Ojok disangkakno awak-awak iki mesum, Mat. Yo ngono
    iku mau carane ngongkon Kimiko. Nek dicekel susune sing kiwa dek-e
    maca. Nek sing tengen dek-e nulis’.

    “Wik, lak enak peno Dul. Kok koyok ngono, se?”

    “Eruho, Mat. Kimiko iku duduk uwong sak benere. Kimiko iku robot,
    masiyo tah gak isok mbok bedakno mbarek uwong asli. Kebeneran ae
    programe tak gawe ngono, kenek digawe hiburan.”

    Mat Pithi mlenggong, eruh robot cik seksine, kathik gak beda mbarek
    wong urip temenan. Gak eruho ngono disangkakno uwong temenan.

    Dul Manan eruh, nek Mat Pithi jik heran.
    “Kimiko iku yo isok dijak main, cak. Sip. Wong program sing dilebokno
    iku kelas berat kanggo urusan nuk-manukan ngono iku. Kathik gak mau
    nolak. Di mana saja, dan kapan saja. Nek peno kepengin, isok ae peno
    silih.”

    “Isok nge-play, Dul ?”

    “Iyo, cak. Playstation iku…”

    Wuik… tepak wis. Masiyo robot, rek… Wong Kimiko gak kalah mbarek
    bintang pilem, jare.
    Gak srantan maneh, gak kathik ngenteni dina becik barang, Kimiko
    langsung dijak Mat Pithi kia-kia.

    Dijak nontok bioskop, kenek. Dijawili, kenek (ojok kliru nyekel
    susune, Mat). Terus ae dijak mulih nang apartemene Dul Manan, di
    mana Mat Pithi nginep.

    Dul Manan yo wis mulih saka kantor, turu ndik kamare.
    Mat Pithi terus mesra-mesraan mbarek Kimiko. Diudani robot wedok iki.
    Diambungi sampek leko…

    Dul Manan yo eruh, nek Mat Pithi ambung-abumbungan koyok ngono iku
    mau. Babah, wis, timbang golek balon Jepang, pikire.

    Gak suwe krungu suarane Mat Pithi njerit aduh-aduhan, kelaran. Mlayu
    mrana-mrene, bengak-bengok.

    Dul Manan tangi. Mbukak lawang eruh Mat Pithi sing wis udo blejet,
    mlayu mrana-mrene karo nyekeli konok-ane.

    “Waduh, ciloko”, batine Dul Manan,

    “Aku lak lali ngandani, kathik durung tak ubah programe, nek
    bolongan ngisor udel iku digawe ngongoti potlot.”

    ~ ~ ~ ~ ~ ~

  • Makasih Pak Danarto sudah sharing….
    Saya ada di Fukuoka …

    bp

  • kok panggil saya dengan “pak”, padahal saya ini hanyalah hamba Alloh yang merasa haus terus pengen mengkonsumsi minuman ilmu tiada henti. Pak Budi Purnama, bisakah selepas S1 saya dapat beasiswa ke Jepang. Tolong share dong, please!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar